HMTE

Kunjungan Industri ke PT. Sinar Sosro, Kamis 10 April 2014

Kamis, pada tanggal 10 April 2014 lalu, 50 orang mahasiswa Teknik Elektro STTNAS Yogyakarta lalu melakukan Kunjungan Industri ke PT. Sinar Sosro Ungaran Jawa Tengah.

PT. SINAR SOSRO berdiri pada tahun 1974 dan merupakan perusahaan minuman teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia. Salah satu produk unggulan PT. SINAR SOSRO adalah Teh botol Sosro kemasan botol beling atau sering disebut RGB (Returnable Glass Bottle). Teh botol Sosro kemasan botol beling merupakan produk teh siap minum yang pertama di Indonesia dan di Dunia yang sudah diluncurkan sejak Tahun 1974.

Kunjungan ini didampingi oleh Ibu Asniar Aliyu ST., M.Eng selaku pembimbing lapangan. Kegiatan Kunjungan Industri merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh HMTE (Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro) STTNAS Yogyakarta dan bertujuan untuk menambah pengetahuan, wawasan mahasiswa dan ilmu yang tidak didapatkan di bangku kuliah dan memberikan ilmu tambahan di lapangan dan bertujuan agar diharapkan dapat memahami ilmu yang telah diberikan dibangku kuliah dengan mengetahui secara langsung bagaimana proses produksi berlangsung.

Profil ringkas PT. SINAR SOSRO dapat diunduh di lampiran di bawah dan untuk mengenal lebih jauh bisa mengakses ke website berikut: http://www.sosro.com.

Lampiran:
PROFIL PERUSAHAAN PT. SINAR SOSRO SEMARANG

Kuliah Umum Sistem SCADA Jaringan Distribusi Listrik

Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) mengadakan kuliah umum pada hari Kamis tanggal 10 Januari 2013 bertema Sistem SCADA Jaringan Distribusi Listrik dengan narasumber Tugino, ST. MT. (Dosen Teknik Elektro).

Kuliah umum dihadiri oleh 30 mahasiswa Teknik Elektro dan berlangsung dari jam 14.00 sampai 16.30.

SCADA merupakan singkatan dari Supervisory Control and Data Acquisition adalah sistem kendali industri berbasis komputer yang dipakai untuk pengontrolan suatu proses.

SCADA ini banyak dijumpai di lapangan produksi minyak dan gas (Upstream), Jaringan Listrik Tegangan Tinggi dan Tegangan Menengah (Power Transmission and Distribution) dan beberapa aplikasi yang dipakai untuk memonitor dan mengontrol areal produksi yang cukup luas.

Semoga kuliah umum seperti ini dapat sering dilaksanakan sehingga dapat lebih memperkaya pengetahuan dan wawasan mahasiswa.

Worshop Stimulus PKM 2012

Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro yang diwakili oleh saudara Ahmad Saeful Andriansyah (310010021) yang didampingi oleh Dosen pembimbing Asniar Aliyu, ST. M.Eng mengikuti Worshop Stimulus PKM 2012 yang diselenggarakan oleh DITLITABMAS Ditjen Dikti di Instiper Yogyakarta pada hari Senin & Selasa, 22 & 23 Oktober 2013. Workshop ini adalah wadah untuk meningkatkan  pemahaman mahasiswa akan kegiatan PKM tersebut.

Workshop hari Pertama diisi oleh pemaparan Prof. Harun Joko Prayitno dengan salah satu topik paparannya adalah  “Mekanisme Pengelolaan PKM dan PIMNAS DITLITABMAS DITJEN DIKTI" dan hari kedua diisi oleh Bapak Dr. rer. Nat. I Wayan Karyasa, M.Sc yang membawakan topik “Membangun Karakter Melalui PKM”.

Selain mahasiswa Jurusan Teknik Elektro STTNAS, ikut juga berpartispasi mahasiwa Jurusan Teknik Mesin yaitu saudara Ruliyanto (210009017) dan Mahasiswi Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota saudari Ati Kurnianingsih (610011026).

Sosialisasi Peningkatan PKM di bidang Robotika dan Roket

Dalam meningkatkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) STTNAS khususnya mahasiswa Jurusan Teknik Elektro dalam bidang robotika dan roket, maka STTNAS mengirimkan mahasiswa Rahmad Dian Winarso  (310011039) dan Agung Reksa Pratama ( 310011030) yang didampingi mahasiswa senior Widian Cahyo Kinasih (310010022) untuk mengikuti acara Sosialisasi Peningkatan Program Kreatifitas  Mahasiswa di bidang Robotika dan Roket. Acara ini dilaksanakan pada hari Senin, 15 Oktober 2012 yang bertempat di Politeknik Negeri Semarang.

Sarasehan Jurusan Teknik Elektro

Temu mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) dan Pengurus Jurusan (Kaprodi S1 dan D3) berlangsung pada tanggal 27 September 2012 dalam acara Sarasehan. Acara ini diawali dengan kata pengantar dari Pembantu Ketua Bidang III Bidang Kemahasiswaan dan paparan ketua Juruasn mengenai Visi, Misis, Tujuan, dan Sasaran Jurusan Teknik Elektro. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa orang dosen Teknik Elektro.

Kontes Robot Nasional Tahun 2012

Tim Robot Berkaki STTNAS (Hexapoda), pada tanggal 29 Juni – 1 Juli 2012 ikut dalam ajang Kontes Robot Nasional Tahun 2012 yang diselenggarakan di SABUGA ITB Bandung. Tim Robot berkaki ini diketua oleh saudara Anjastoni dan anggota saudara Widian Cahyo Kinasih dengan dosen pembimbing Asniar Aliyu ST, M.Eng. Tim robot berkaki STTNAS ikut dalam kompetisi Nasional setelah mengikuti Kontes Robot Tingkat Reginol III di GOR Jatidiri Semarang dan mendapatkan SCORE urutan ketiga setelah UGM dan UNY.

Kontes Robot Regional III Tahun 2012

Tim Robot Berkaki STTNAS mengikutsertakan 3 robot (KRI (Gewinner), KRCI Beroda (AB-JO) dan KRCI Berkaki (Hexapoda)) dalam ajang Kontes Robot Regional III yang diselenggarakan di GOR Jatidiri Semarang pada tanggal 26-28 Mei 2012. Dokumentasi dalam ajang Kontes tersebut bisa dilihat dalam gallery photos berikut.